Tentang Klaster Hortikultura

Profil

KLASTER HORTIKULTURA JAMBU AIR MERAH DELIMA

KABUPATEN DEMAK

A. Latar Belakang

Budidaya jambu air merah delima di Kabupaten Demak cukup menjanjikan, terbukti dengan banyak masyarakat petani yang melakukan aktivitas penanaman jambu. Kegiatan menanam jambu air telah menjadi alternatif bagi para petani dalam menambah penghasilan di lahan pekarangannya. Jambu air yang sebelumnya hanya berfungsi sebagai tanaman pelengkap kebun rumah tinggal, kini perlahan namun pasti telah bergeser menjadi tanaman produksi yang mampu memberikan keuntungan bagi peningkatan ekonomi keluarga.

Lokasi produksi jambu air saat ini sudah tersebar di 14 kecamatan dengan jumlah komoditas kurang lebih mencapai 99.852 pohon (tahun 2007) dan hasil produksi yang dihasilkan lebih dari 4.878 ton per tahun dengan perkiraan nilai kurang lebih Rp. 23,4 Milyar Pesatnya produk jambu merah delima di Kabupaten Demak dikarenakan selain sangat sesuai dengan jenis unsur tanah setempat, juga telah mampu menjadi komoditas yang memiliki nilai jual tinggi di pasaran buah domestik. Produksi jambu air Kabupaten Demak telah mampu memasuki pasar-pasar lokal, regional dan nasional, sehingga memiliki pontensi yang besar untuk dikembangkan lebih lanjut.

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam rangka pengembangan komoditas jambu air adalah kekuatan sistem kelembagaan. Di tengah persaingan global yang kian ketat, tuntutan akan organisasi yang kuat dan solid sangat diperlukan dalam rangka memenangkan persaingan di pasar global. Upaya ini ditempuh dengan memperkuat komunitas Klaster Petani Jambu Air Merah Delima Kabupaten Demak yang difasilitasi oleh Forum Pengembangan Ekonomi dan Perluasan Lapangan Kerja (FEDEP) Kabupaten Demak. Diharapkan dengan penguatan ini akan tumbuh organisasi yang mampu mendukung percepatan pembangunan ekonomi di Kabupaten Demak

B. Jati Diri

Klaster Hortikultura Jambu Air Merah Delima adalah sebuah organisasi yang dibentuk dari, oleh dan untuk masyarakat petani jambu air di Kabupaten Demak, yang bertujuan membangun ikatan sosial dan solidaritas sosial di antara petani jambu air dalam rangka meningkatkan kualitas daya saing produksi dan pemasaran jambu air secara mandiri dan berkelanjutan.

Klaster Hortikultura Jambu Air dibentuk pada tanggal 8 Februari 2005 dengan lingkup wilayah kerja di tingkat Kabupaten Demak. Organisasi klaster bersifat otonom, sehingga tidak berafiliasi ke pihak manapun baik menyangkut partai, golongan, suku, agama dan keluarga. Dengan demikian, dalam pengambilan keputusan kelompok tidak dapat diintervensi atau dipengaruhi pihak manapun.

Adapun fungsi Klaster adalah sebagai pusat pengembangan aturan, pusat pengambilan keputusan yang adil dan demokratis, pusat pengendalian informasi dan komunikasi di bidang pengembangan jambu air.

C. Kepengurusan

Kepengurusan Klaster Hortikultura Jambu Air Kabupaten Demak meliputi susunan kepengurusan sebagai berikut

o Ketua : Sukarno

o Wakil Ketua : Ir. Hery Sugiarto

o Sekretaris : Dwiyanto

o Bendahara : Nasirin

o Sie Permodalan : Sunaryo

o Sie Pemasaran : Eko

o Sie SDM & Litbang : Sutrisno, S.Pd Sie

o Pengembangan : Barnawi

Adapun Tim pendukung bagi pengembangan Klaster meliputi:

*Koordinator : BAPPEDA Kab. Demak

*Sekretaris : Bid. Ekonomi BAPPEDA

*Anggota : Dinas Pertanian Kab. Demak

Dinas Perindag Kab. Demak

Kantor Koperasi & UKM

FEDEP Kabupaten Demak

*BDS Pendamping :

CV. Demak Lantern Indonesia

Kapasitas

Sebagai kelompok pemerhati di bidang jambu air, Klaster Hortikultura terus berupaya meningkatkan kemampuan di bidang Sumber Daya Manusia (SDM), perluasan pemasaran maupun pengembangan kemitraan. Beberapa program yang telah berjalan selama ini antara lain:

a. Penyusunan data base jambu air di tingkat Kabupaten Demak yang difasilitasi oleh Forum Pengembangan Ekonomi dan Perluasan Lapangan Kerja (FEDEP) Kabupaten Demak, bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kab. Demak dan Lembaga Kajian Pemberdayaan Demak Mandiri (LKPDM).

b. Pelatihan peningkatan ketrampilan anggota dalam hal peningkatan kualitas, kemitraan klaster, pengembangan pemasaran dan penguatan kapasitas kelembagaan klaster.

  1. Pemasaran produk jambu melalui pasar lelang Soropadan secara rutin.
  2. Pengembangan Desa Agrowisata.
  3. Sebagai peserta dalam berbagai event Pelatihan dan pameran buah serta menjalin kerjasama dengan biro perjalanan wisata.

E. Sentra Produksi Jambu Air

Sentra produksi jambu air di Kabupaten Demak mencakup hampir seluruh wilayah kecamatan. Hingga akhir tahun 2007, jumlah budidaya tanamn jambu air ini mencapai 99.852 pohon yang tersebar di beberapa sentra utama, antara lain:

*Kecamatan Wonosalam ± 27.971 pohon.

*Kecamatan Demak ± 11.745 pohon.

*Kecamatan Mijen ± 9.880 pohon.

*Kecamatan Guntur ± 9.316 pohon.

*Kecamatan Wedung ± 6.264 pohon.

*Kecamatan Lain (9 Kec) ± 34.526 pohon

Fasilitasi Klaster Hortikultura diarahkan pada peningkatan kualitas varietas jambu air, pemupukan, pengolahan pasca panen serta pemasaran produk.

F. Kesekretariatan

Klaster Hortikultura Jambu Air Merah Delima Kab. Demak sangat terbuka dalam menjalin kemitraan dengan pihak luar, baik dalam hal pemasaran, peningkatan ketrampilan budidaya maupun program-program lain terkait. Alamat kantor yang bisa anda hubungi adalah:

Jl. Kaliblorok Desa Sidomulyo RT 04 RW II Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak.

Contact Person : Bp. Sukarno,

HP. 081325283388

BDS Pendamping

Business Development Services Provider

Demak Lantern Indonesia

Griya Bhakti Praja Blok K 8 Mangunjiwan Demak – 59515

Telp/Fax : 0291 681818

Mobile: 081328199001 / 08883218199

E-mail: info@demaklantern.com

10 Mei 2008 at 7:31 am Tinggalkan komentar


Kategori

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Mas Subejo menulis….

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS IPB Bogor

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Desa Mandiri Mlatiharjo

Desa Mandiri Mlatiharjo Demak (17)

Desa Mandiri Mlatiharjo Demak (16)

Desa Mandiri Mlatiharjo Demak (15)

Desa Mandiri Mlatiharjo Demak (14)

Lebih Banyak Foto

Feeds


%d blogger menyukai ini: